SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Wednesday 13 March 2013

PENGERTIAN MANAJEMEN


    Istilah atau kata “manajemen” seringkali di dengar dan di sebut-sebut dalam suatu organisasi perusahaan maupun dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika kita membuka kamus Bahasa Inggris, kata “manajemen” (management) berarti mengelola atau mengatur. Apa yang dikelola dan bagaimana mengatur, dapat dilihat dari beberapa pengertian manajemen di bawah ini:

•    Murti Sumarni dan John Soeprihanto (1995), Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas kegiatan-kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain. Pemanfaatan sumber daya – sumber daya yang lain dalam perusahaan meliputi sumber daya bahan baku produksi, sumber keuangan, mesin-mesin, dan cara yang digunakan dalam pemanfaatan yang efisien dan efektif.
•    Stoner, Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
•    Nickels, McHugh and McHugh, 1997, Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.
•    Ernie & Kurniawan, 2005, Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan.

Yang dimaksud dengan Efisiensi adalah menyelesaikan pekerjaan dengan usaha, biaya, atau pemborosan minimum. Jadi efisiensi adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Sedangkan Efektifitas adalah penyelesaian tugas-tugas yang membantu pencapaian sasaran organisasi atau dapat juga dikatakan efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau melakukan pekerjaan yang benar.

    pengen lanjut silahkan download file doc nya

No comments:

Post a Comment