SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Tuesday 25 December 2012

Peneliti dari Universitas Jepang Ciptakan Robot Kursi Roda yang Bisa Menaiki Tangga

Memanjat tangga adalah salah satu kesulitan yang kerap dihadapi oleh para orang cacat yang menggunakan kursi roda. Terlebih tak semua gedung menyediakan jalan khusus untuk para orang cacat. Namun, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan sebuah robot kursi roda yang diciptakan oleh peneliti dari Chiba Institute of Technology di Jepang.
Para peneliti tersebut berhasil membuat sebuah robot yang mampu menangani kesulitan tersebut, tepatnya memiliki kemampuan untuk menaiki tangga. Selain itu, cara menggunakan robot ini pun tidak sulit. Pengendara robot ini bisa menggunakan robot ini selayaknya sebuah kursi roda biasa. Untuk mengoperasikannya, Anda menggunakan sebuah joystick yang digunakan untuk mengontrol kecepatan dan arah gerakan.
Uniknya, robot ini mampu mendeteksi jika terdapat sebuah tangga yang ada di depannya. Selanjutnya, roda pada robot ini pun beralih fungsi menjadi sebuah kaki dan terangkat untuk melakukan langkah.
Selain itu pengendara robot ini pun akan tetap merasa nyaman, meskipun berada di permukaan yang tak rata. Robot ini didesain untuk mempertahankan posisi pengguna dengan mengatur tinggi roda serta keseimbangan.

No comments:

Post a Comment